Kalau membayangkan hidangan Mie Aceh, pasti terbayang tebalnya balutan bumbu yang menyiram mie kuning. Sekali-kali boleh dicoba untuk variasi menu. Maklum, saya tidak terlalu kuat dengan ketebalan bumbu-bumbunya. Apalagi jika dimakan setiap hari, bisa ‘mblenger’ hehehe
Mencari Mie Aceh di sekitar Tebet memang cukup mudah. Sebut saja Mie Aceh Jali-Jali di jalan Supomo dan Mie Aceh Ayah di Jalan Saharjo. Kedua kedai Mie Aceh tersebut sudah lebih dulu nangkring menyapa masyarakat Jakarta. Tapi, yang terbaru ada di seberang depan Kota Kasablanka Mall. Tepatnya di Jalan Casablanca No. 1, Menteng Dalam, Tebet, Jakarta Selatan. Warung ini buka 24 jam dan melayani pemesanan.

Kamis lalu, saya dan teman-teman sempat ngabuburit di Mall. Saat itu, waktu berbuka puasa sudah kurang 45 menitan, resto di dalam Mall Kokas dipenuhi pengunjung. Putus asa. Akhirnya, memutuskan keluar mall untuk mencari menu berbuka puasa. Randomnya keinginan menu santapan, akhirnya memilih Mie Aceh. Yang terdekat Mie Aceh Ayah. Sembari jalan menyusuri pinggiran depan Mall Kokas, tampak papan besar berwarna biru bertuliskan ‘Mie Aceh Casablanca’ di seberang jalan. Ya sudah, daripada jalan agak jauh, tidak ada salahnya dicoba. 

Masih ngos-ngosan. Sembari duduk, mata memindai daftar menu yang tercetak rapi di lembaran menu. Akhirnya, pilihan jatuh pada Martabak Telur sebagai cemilan, Mie Aceh komplit dan minumnya Jus Mangga. Martabak Telur disajikan di atas piring milamin berwarna hijau dan ditambahkan setumpuk irisan bawang merah dan cabai hijau di atasnya. Soal rasa, saya paling suka hidangan seharga 25 ribu rupiah ini. Gurihnya pas dan paling enak disantap selagi hangat. Irisan bawang merah menambah nikmatnya Martabak telur ini. 

Martabak Telur – Mie Aceh Casablanca. Foto: Y. Tri Herwanto | @dhekthree | 2017
Sayangnya untuk Mie Aceh Komplit yang tersaji panas berada jauh di bawah harapan. Untuk irisan seafoodnya seperti udang dan cumi tampak melimpah, tapi sayang sudah tidak segar lagi. Soal kuah, juga masih lebih enak di Mie Aceh Ayah. Mie Aceh komplit dapat ditebus dengan harga 38 ribu rupiah. 

Mie Aceh Komplit. Mie dicampur dengan irisan Udang, Cumi, Daging Ayam dan Kambing serta berselimut bumbu khas. Foto: Y. Tri Herwanto | @dhekthree | 2017.

Jus Mangga dipilih karena terbayang segarnya. Minuman dingin berwarna kuning ini saya tenggak pertama kali saat mendengar Adzan Magrib berkumandang. Rasa Mangga lumayan manis, namun masih enak di kedai Jus sebelah kantor ..hahahaha. Jus ini seharga 15 ribu rupiah. 

Jika berminat, tidak ada salahnya sobat coba ya